Kamis, 22 Juli 2010

jalur sirkum

jalur pegunungan dunia

October 19, 2006

di sini pernah di-bahas kenapa di Indonesia banyak gunung berapi…emang cuman Indonesia doang yg punya jalur pegunungan…? nggak dong…di bumi kita ini ada beberapa jalur pegunungan…memang yg terkenal adalah jalur pegunungan di Pasific…orang menyebut-nya dgn "Ring of Fire"…

dr gambar di samping keliatan kan kalo yg bulet2 merah itu adalah jejeran gunung2 api…mereka jg bikin kaya satu jalur tersendiri kan, nyambung sampe ke Indonesia terutama yg nyambung ke pinggiran Samudra Pasific…beberapa keliatan ada buletan merah di luar jalur…itu adalah hotspot…hampir mirip dgn gunung api tapi itu sebenernya bukan-lah gunung api…contoh paling terkenal adalah Hawaii di tengah2 Samudra Pasific…gairs2 hitam menandakan batas lempeng benua dan lempeng samudra…lempeng2 ini selalu bergerak sehingga menyebabkan adanya pertemuan/tabrakan antara dua lempeng yg berbeda…perhatikan posisi Indonesia, ada di lempeng apa dan bagaimana hubungan-nya dgn lempeng2 di deket-nya…?

di bumi ini ada 2 jalur pegunungan yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania…Sirkum Pasifik adanya tentu di Samudra Pasifik tepat-nya di sekeliling samudra ini…mulai dr Indonesia, Filipina, Jepang terus ke arah utara Russia, nyebrang ke arah timur: Alaska, Pesisir barat Amerika Serikat, Amerika Tengah sampai ke pesisir barat Amerika Selatan…persis seperti gambar di samping ini…90% gempa bumi terjadi di sekitar Sirkum Pasifik dan 81% gempa bumi besar terjadi jd di daerah ini…keseluruhan daerah ini mempunyai hubungan dgn zona subduksi termasuk daerah Amerika tadi…

Sirkum Mediterania adanya memanjang mulai dr Indonesia terus ke arah barat ke Pegunungan Himalaya, Mediterania dan Atlantik…yg membedakan dgn Sirkum Pasifik adalah Sirkum Mediterania ini nggak melulu akibat subduksi…tapi adanya jg pertemuan/tabrakan antara lempeng benua dan lempeng benua…contoh-nya ya Pegunungan Himalaya tadi…daerah2 ini adalah daerah rawan gempabumi no 2 setelah Sirkum Pasifik…

unik-nya, Indonesia ternyata berada di pertemuan dua jalur pegunungan tadi…alhasil Indonesia amat-lah rawan dgn gempabumi…nah, bagaimana kita harus hidup di negri yg rawan gempabumi ini…tunggu aja posting-an selanjut-nya ya…

lebih jelas kan kalo jalur2 pegunungan itu selalu ngikutin jalur subduksi…mungkin nanti2 musti posting Plate Tectonic aja sekalian kali ya…

source: USGS & Wiki

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

10 Comments »

The URI to TrackBack this entry is: http://azhali.blogsome.com/2006/10/19/jalur-pegunungan-dunia/trackback/

  1. Looks like we both enjoy geology - not sure what language you are writing in - too bad, wanted to see what you had to say.

    Comment by Mick Gordon — October 20, 2006 @ 11:16 pm

  2. halo..

    halo jg…

    Comment by elisabeth — April 8, 2007 @ 5:07 pm

  3. hmm , kalau sirkum mediterania , dan sirkum pasifik bertemu dimana ? *di indonesia

    Comment by dea — August 27, 2008 @ 3:52 pm

  4. yang diLaLui oLeh sirkum Pasifik dan mediterania apa ciH ???
    ada tgS niH..

    skalian ma pnjelasan nYa jg yAh..

    aqU nYari gag ada mulu….

    Comment by Rini — March 11, 2009 @ 8:01 pm

  5. pulau-pulau yang di lewati oleh sirkum pasifik dan mediterania apa aja sih di indonesia??

    Comment by syifa — July 21, 2009 @ 8:10 pm

  6. tlonx donx jwbnya sekarang ya sirkum pasifik melewati daerah apa aja sih

    Comment by hesti — July 23, 2009 @ 3:49 pm

  7. minta rangkuman LATAR BELAKANG SEJARAH PANCASILA……
    DUoooooooooooooonnnkkkkkkkkkkkk…..

    Comment by imoet — July 31, 2009 @ 11:20 am

  8. lumayan

    Comment by Pamela Aprilia — September 28, 2009 @ 9:10 pm

  9. au cm lu2san smp,pi smgat bgt law cri tw pa yg ga kuketahui. . .sipz bwt nmbh wawasan

    Comment by zein — October 26, 2009 @ 1:15 am

  10. good

    Comment by asa — February 27, 2010 @ 10:26 am

RSS feed for comments on this post.

Leave a comment

Line and paragraph breaks automatic, e-mail address never displayed, HTML allowed:



Anti-spam measure: please retype the above text into the box provided.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar